yah, inilah, seadanya

Senin, 14 Maret 2011

Eric Martin



Eric Lee Martin (lahir 10 Oktober 1960 di Long Island, New York) adalah vokalis (vokalis favoritku tentunya), musisi, dan komposer lagu yang aktif di era 80-an sampai 2000-an. Dia meraih kesuksesan terbesar sebagai vokalis/frontman dari band hard rock Mr.Big, band besar yang mencetak super hit "To Be With You" pada awal 90-an.
Eric Martin memulai karirnya di industri musik sekitar tahun 1978. Tentunya aku belum lahir. Ibuku baru berusia 13 tahun saat itu.

O iya, Eric adalah anak dari Frederick Martin "Pepper" Lee dan Martin Iris. Dia adalah anak tertua dari tiga bersaudara Dan, Joan dan Laurie, dia adalah setengah-Irlandia, setengah Italia.

Untuk musik, Eric Martin pertama kali dipengaruhi oleh ayahnya. Untuk sekedar info, awalnya dia adalah seorang drummer seperti ayahnya.


Pada 1974, Martin bergabung dengan Komedi Musikal yang diadakan di sekolah Tinggi Southside.
Martin mengasah suara pada gurunya, Judy Davis. Dia diajari diksi, stamina, dan kontrol napas. Pantessss, suaranyaaaaa..
Keluarga Martin akhirnya menetap di San Francisco Bay Area pada sekitar 1976.


Martin selalu brilian dalam bernyanyi rock, soul, atau bahkan musik country karena ia tumbuh dengan mendengarkan musik soul atau rock di tahun 70-an, seperti Otis Redding, Paul Rodgers, The Beatles, dan The Rolling Stones. Kalo aku tumbuh dengan mendengarkan teriakan Ibuku yang galak.

Martin telah memutuskan untuk hidup mandiri pada usia 18 tahun. Pekerjaan pertamanya adalah menjual es krim, hahaha. Terobosan besar datang ketika John Nymann, gitaris band "Hai Mile", memberinya panggilan dan bertanya apakah ia ingin membentuk band baru bersama-sama. Keduanya telah saling kenal dari masa lalu, karena mantan band mereka ("Mile Hai" dan "Courage Kid") telah bermain bersama di Mabuhay Gardens di Broadway. Sesuai persetujuan, John Nymann dan Eric Martin berkumpul bersama para personil dari kedua band mereka sebelumnya dan membentuk grup baru bernama 415. Itu adalah kode area untuk San Francisco Bay Area, karena semua personil band ini berasal dari tempat itu (nama band dengan alasan yang aneh).
Selanjutnya, saya tidak tahu kelanjutan tentang 415, langsung saja ke topik lainnya, hehe. 

Setelah bubar, Martin terus melibatkan diri dalam beberapa rekaman dan pertunjukan. Dia berkontribusi untuk lagu "I Can't Stop the Fire" dari soundtrack film Teachers, serta "These Are the Good Times" dan "Eyes Of The World" dari film Iron Eagle.



Pada tahun 1988, Martin akan bekerjasama dengan Billy Sheehan, Pat Torpey, dan Paul Gilbert untuk membentuk Mr Big - salah satu supergroup yang dicintai banyak orang yang benar-benar menggabungkan keberhasilan album dengan persaudaraan dan soliditas yang sempurna. Mr Big terkenal di sejarah hard rock dengan paduan ciri khas gitar "shredding", bass yang sangat enerjik dan tentunya dengan nuansa vokal Eric Martin yang mengagumkan. 

WAAAAAA !! AKU PINGIN PUNYA SUARA KAYAK ERIC MARTIN !!

Ehm..

Lanjut, setelah Mr. Big vakum, Martin menyibukkan diri dengan solo album dan proyek lainnya antara lain grup Tak Matsumoto, tur internasional, Scrap Metal, dan Mr. Vocalist antara tahun 2002 sampai 2009. 



Reuni Mr. Big 2009

Reuni ini pertama kali secara resmi diumumkan pada Februari 2009 di radio Jepang. Dilanjutkan dengan wawancara dan konferensi pers yang mengungkapkan rencana dari band untuk tur Jepang pada Juni 2009 dan untuk merilis album baru dan diikuti tur dunia. Dan benar, setelah itu mereka tur Eropa, dan dilanjutkan ke beberapa negara di Asia Tenggara, yaitu di India, Thailand, Singapura, Indonesia dan Korea Selatan. Bodohnya aku tidak nonton karena tidak punya uang, hahahaha!

Oke, sekian dulu ya, semoga berguna buat yang lainnya yang suka sama Eric Martin, woaaaaaaa !!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar