yah, inilah, seadanya

Rabu, 16 Maret 2011

Shadow Play: Film Mengenai Penjatuhan Soekarno Dan Pembantaian Massal 1965-1966

Aku ingin berbagi info film dokumenter berjudul Shadow Play, bisa disaksikan secara online di www.offstream. tv , diproduksi oleh Hilton Cordell Productions tahun 2001.

Tentang apa film ini?
Ehm, jangan diketawain lho, ini penilaian pribadiku.
Shadow Play mengungkapkan tragedi yang disembunyikan oleh gerombolan Orde Baru. Orde Baru? Tentunya ada nama Soeharto disana. Hahaha.
Antara 500.000 sampai 1 juta orang dibunuh dalam waktu yang singkat. Orang itu (Soeharto) menyebar propaganda dan fitnah yang aaaaamaaaaat sangat efektif untuk kelancaran program pemberantasan para pendukung Soekarno, plus akal-akalan, eh, propaganda agar tragedi tersebut dimaklumi, tanpa proses penegakan hukum.
Sejarah di blur, dimanipulasi, di belokkan, supaya kita, rakyat Indonesia tidak mampu untuk mengungkap, untuk kritis terhadap kenyataan negara kita sendiri. Orang itu bahkan pernah dengan bangga menyatakan bahwa sebanyak 2 sampai 3 juta orang yang telah dibunuh. Yang lainnya, ratusan ribu lainnya tepatnya, ditangkap dan dipenjara tanpa proses pengadilan. Keluarganya dikucilkan dan hidup dengan teramat sangat TRAGIS, seperti hewan jalang.


Oh iya, sekedar info, film lain mengenai tragedi 1965, “40 Years of Silence” akan segera tayang. Diproduksi oleh seorang antropolog dan ahli ilmu kejiwaan, Robert Lemelson. www.40yearsofsilence.com.

Nih, film Shadow Play, coba di cermati ya, mungkin ada tanggapan atau penilaian lain? Kita belajar sama-sama ya teman-teman, sharing :)

























Sejarah adalah kunci sukses sebuah peradaban. Pembelokan sejarah sama saja pelecehan hak kemerdekaan. Aku tidak memihak, aku hanya ingin mengungkap realita. Van Seno. Thanks.

2 komentar:

  1. naiz ndas iki blog e bermanfaat banget lah, dadi ngerti saiki sejarah e kie gmn tentang dahulu haha lanjutkan :D

    jonatan

    BalasHapus